Rabu, 05 Oktober 2016

Anatomi dan Fisiologi




     Untuk mengerti lebih jauh tentang anatomi dan fisiologi sebaiknya diketahui terlebih dahulu pengertian tentang "anatomi" dan "fisiologi" .
      Anatomi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur manusia, hewan, dan tumbuhan. istilah anatomi berasal dari bahasa yunani yang berarti menyayat atau memotong. Hal ini sesuai dengan pendapat Pearce, Evelyn C. (1979:1) yang mendefinisikan bahwa : "Anatomi atau ilmu uraian mempelajari susunan tubuh dan hubungan bagian-bagianya satu sama lain". lebih lanjut Sarpini, Ruswandi (2015:1)yang menjelaskaan bahwa: "Anatomi adalah ilmu yang mempelajari struktur dari organ atau bagian-bagian tubuh". sedangkan Setiadi (2007:1) menyebutkan bahwa: "Anatomi berasal dari bahasa Yunani ana dan tome, yang berarti memotong atau memisahkan, sehingga lebih komplek didefinisikan sebagai ilmu mengenai struktur tubuh". berdasarkan kutipan diatas Anatomi merupakan ilmu yang mempelajari  susunana dan struktur tubuh serta hubungan bagian yang satu dengan yang lainnya.

    Fisiologi adalah salah salah satu cabang dari biologi yang mempelajari berlangsungnya sistem kehidupan. Hal ini sesuai pendapat Sarpini, Rusbandi (2015:1) yang mendefinisikan bahwa: "Fisiologi yaitu mempelajari fungsi biologi dari organ tubuh tersebut". Lebih lanjut Setiadi (2007:2) menjelaskan bahwa : "Ilmu mengenai fungsi dari tubuh yang hidup". Sedangkan Pearce, Evelyn C. (1979:1) menyebutkan bahwa: "Fisiologi mempelajari fungsi atau kerja tubuh manusia dalam keadaan normal". Berdasarka kutipan di atas fisiologi merupakan salah satu cabang biologi yang mempelajari fungsi atau kerja tubuh manusia. Ada beberapa ilmu yang berhubungan dengan fisiologi, yaitu:

  • Ilmu Kedokteran
  • Ilmu Genetika
  • Ilmu Ekologi
  • Ilmu Kimia 
  • Ilmu Anatomi
  • Ilmu Biologi


      Berdasarkan pernyataan diatas anatomi dan fisiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang susunan atau potongan tubuh dan bagaimana alat tubuh tersebut bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar