Rabu, 05 Oktober 2016

Susunan Tubuh Manusia



Image result for kerangka tubuh manusia

      Susunan tubuh manusia terdiri dari beberapa, di antaranya:

  1. sistem skeleton
  2. sisitem Muskulari
  3. sistem Sirkulasi

1. Sistem skeleton
  Skeleton adalah tulang-tulang yang melekat pada tubuh manusia. Hal ini sesuai dengan pendapat Luklukaningsih, Zuyina (2011:6) mendefinisikan bahwa: “ kerangka manusia merupakan kerangka dalam, yang tersusun dari tulang keras (osteon) dan tulang rawan (kartilago)”. Lebih lanjut Setiadi (2007:277) menyebutkan bahwa: “ Susunan sistem kerangka terdiri dari kira-kira 206 buah yang satu sama lainnya berhubungan”. Sedangkan Sarpini, Rusbandi (2015:21) menjelaskan bahwa: “sistem kerangka pada tubuh manusia terdiri dari tulang (206 buah pada orang dewasa) dan sendi, serta tulang rawan dan ligamen yang terdapat pada sendi”. Berdasarkan kutipan diatas skeleton merupakan susunana sistem kerangka yang saling berhubungan satu sama lain.

Jenis Tulang
Tulang Rawan (Kartilago) merupakan tulang yang hanya mengandung sedikit zat kapur sehingga lunak. Tulang rawan terdapat pada bayi, dan bagian-bagian tertentu pada kerangka dewasa.
Tulang Sejati (Osteon) merupakan bagian utama pada kerangka dewasa. Susunannya terdiri dari sedikit sel-sel dan matriknya diperkuat dengan zat kapur, sehingga kuat dan keras. Berdasarkan strukturnya, tulang sejati dibedakan menjadi tulang kompak (padat) dan tulang spons. Sedangkan berdasarkan bentuknya dibedakan menjadi 5 bentuk, yaitu:
  •  Tulang panjang, yaitu tulang yang berbentuk silindris, yang terdiri dari diafisis dan epifisis yang berfungsi untuk menahan berat tubuh dan berperan dalam pergerakan.
  •  Tulang pendek, yaitu tulang yang berstruktur kuboid yang biasanya ditemukan berkelompok yang berfungsi memberikan kekuatan dan kekompakkan pada area yang pergerakannya terbatas.
  • Tulang pipih, yaitu tulang yang strukturnya mirip lempeng yang berfungsi untuk memberikan suatu permukaan yang kuas untuk perlekatan otot dan memberikan perlindungan.
  • Tulang ireguler, yaitu tulang yang bentuknya tidak beraturan dengan strukturtulang yang sama dengan tulang pendek.
  • Tulang sesamoid, yaitu tulang kecil bulat yang masuk dalam formasi persendiaan yang bersambungan dengan kartilago, ligamen dan tulang lainnya.


Fungsi Rangka Tubuh Manusia, yaitu:                                                     
  1. Foramasi bentuk tubuh. Tulang-tulang yang menyusun rangka tubuh menentukan bentuk dan ukuran tubuh.
  2. Formasi sendi-sendi. Tulang-tulang yang berdekatan membentuk persendian yang bergerak, tidak bergerak, atau sedikit bergerak, bergantung pada kebutuhan fungsional tubuh.
  3. Pelekatan otot-otot. Tulang-tulang menyediakan permukaannya sebagai tempat untuk melekatkan otot-otot. Otot dapat berfungsi dengan baik bila melekat dengan kuat pada tulang.
  4. Bekerja sebagai pengungkit. Tulang digunakan sebagai pengungkit untuk bermacam-macam aktivitas selama pergerakan.
  5. Penyokong dan penyebaran berat badan serta daya tahan untuk menghadapi pengaruh tekanan dan pengaruh mekanis. Tulang –tulang penyokong berat badan, memelihara sikap tegak, serta menahan tarikan.
  6. Proteksi. Tulang-tulang membentuk rongga yang dilindungi organ-organ halus seperti otak, sum-sum tulang belakang,jantung, paru-paru, dan sebagian besar organ-organ bagian dalam tubuh.
  7. Hemopoesis. Sumsum tulang merupakan tempat pembentukan sel-sel darah.
  8. Fungsi imunologis. Sel-sel imunitas dibentuk di dalam sumsum tulang.misalnya pembentukan limfosit B yang kemudian membentuk antibodi untuk sistem kekebalan tubuh.
  9. Penyimpanan kalsium. Tulang-tulang mengandung sekitar 97% kalsiumyang terdapat di dalam tubuh. Kalsium tersebut berupa senyawa anorganik maupun garam-garam, terutama kalsium fosfat. Kalsium akan dilepaskan ke darah bila dibutuhkan.



Secara garis besar, rangka tubuh manusia dikelompokkan menjadi dua, yaitu skeleton aksial dan skeleton apendikuler.

    A.    Skeleton Aksial
    Skeleton aksial merupakan rangka yang terdiri dari tulang tngkorak, tulang dada, tulang rusuk, dan tulang tulang belakang. Umumnya bagian ini terdiri atas 80 tulang pada manusia dewasa. Bagian aksial terdiri dari:
1.      Tulang Tengkorak, yaitu:

Image result for tulang tengkorak manusia
                                            
a.       Tulang Tempurung Kepala (kranium) tersusun dari:
  •          tulang dahi (frontal)
  •          tulang kepala belakang (osipital)
  •          tulang ubun-ubun (parietal)
  •          tulang tapis (ethmoid)
  •          tulang baji (sphenoid)
  •          tulang pelipis (temporal)

di bagian bawah tempurung kepala terdapat rongga khusus yang di sebut foramen magnum yang menjadi tampat masuk dan keluarnya pembuluh saraf serta darah yang kemudian menuju kesumsum tulanng belakang.

b.      Tulang Wajah terdapat pada bagian depan kepala. Tulang-tulang muka membentuk rongga mata untuk melindungi mata, membentuk rongga hidung serta langit-langit, dan memberi bentuk wajah. Tulang muka terdiri dari:
  •          tulang hidung (nasal)
  •          tulang langit-langit (palatum)
  •          tulang air mata (lakrimal)
  •          tulang rahang atas (maksiula)
  •          tulang rahang bawah (mandibula)
  •          tulang pipih (zigomatik)
2.      Tulang Dada (sternum)   
Image result for tulang dada              
Kepala tulang dada merupakan tempat melekatnya tulang selangka dan tulang rusuk pertama. Tulang dada terdiri dari tiga bagian, yaitu:
  •          Hulu (manubrium)
  •          Badan (korpus)
  •          Taju pedang (xiphoid prosesus)



3.      Tulang Rusuk
                       Image result for TULANG RUSUK
  •     Tulang rusuk sejati berjumlah tujuh pasang. Tulang-tulang rusuk ini pada bagian belakang berhubungan dengan ruas-ruas tulang belakang sedangkan ujung depannya berhubungan dengan tulang dada dengan perantaraan tulang rawan.
  •   Tulang rusuk palsu berjumlah 3 pasang. Tulang rusuk ini memiliki ukuran lebih pendek dibandingkan tulang rusuk sejati. Pada bagian belakang berhubungan dengan ruas-ruas tulang belakang sedangkan ketiga ujung tulang bagian depan disatukan oleh tulang rawan yang melekatkannya pada satu titik di tulang dada.
  • Tulang rusuk melayang  berjumlah 2 pasang. Tulang rusuk ini pada ujung belakang berhubungan dengan ruas-ruas tulang belakang, sedangkan ujung depannya bebas.


4.      Tulang Belakang

 Image result for TULANG BELAKANG
          Tulang ini  berada dibagian tengah tulang yang berfungsi untuk menompang seluruh tubuh, melindungi organ dalam tubuh, serta merupakan tempat pelekatan tulang rusuk
         Setiap segmen atas ruas tulang belakang dapat bergerak sedikit. Seluruh gerak tiap segmen dapat di gabung sehingga memungkinkan orang untuk membungkukkan tubuh atau melakukan senam. Tulang belakang terdiri dari 24 ruas tulang belakang, yaitu:
  •          7 ruas tulang leher (vertebra servikalis )
  •          12 ruas tulang punggung (vertebra dorsalis)
  •          5 ruas tulang pinggang (vertebra lumbalis)
  •          Serta ditambah dengan tulang kelangkang (sakrum)

Tulang leher paling atas yang berhubungan dengan tempurung kepala di sebut atlas. Tulang kelangkang (sakrum) merupakan fusi dari lima segmen tulang belakang, sedangkan tulang ekor (koksi) merupakan fusi dari empat segmen terakhir tulang belakang.
Pada saat embrio, tulang belakang terdiri dari 33 ruas. Pada perkembangan sebelum bayi lahir, ada beberpa ruas tulang belakang yanng berdifusi.




         B.  Skeleton Apendikuler
      Skeleton Apendikular merupakan rangka pelengkap yang terdiri dari tulang-tulang anggota gerak atas dan tulang-tulang anggota gerak bawah. Umumnya bagian ini terdiri dari 126 tulang pada manusia dewasa.

1.      Tulang Anggota Gerak Atas

       Image result for tulang gerak atas
a.       Gelang Bahu
Gelang bahu adalah persendian yang menghubungkan lengan dengan badan. Bagian ini dibentuk oleh 2 tulang yaitu:
·         Tulang belikat (skapula)
·         Tulang selangka (klavikula)
b.      Tulang lengan atas  (Humerus) dan tulang lengan bawah (radio-ulna)
c.       Tulang hasta (ulna) dan tulang pengumpil (radius)
d.      Tulang pergelangan tangan (karpus)
e.       Tulang telapak tangan (metakarpus)
f.       Tulang jari tangan (falages)

2.      Tulang Anggota Gerak Bawah

Image result for tulang anggota gerak bawah
a.       Tulang pinggul
·         Tulang duduk (iscium)
·         Tulang usus (ilium)
·         Tulang kemaluan (pubis)
b.      Tulang kering (tibia) dantulang betis (fibula)
c.       Tempurung lutut (patela)
d.      Tulang pergelangan kaki (tarsus)
e.       Tulang telapak kaki (metatarsus)
f.       Tulang jari kaki (falanges)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar